The premier destination for premium products

Penyakit Ilmu adalah Lupa

lupa

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ آفَةً وَآفَةُ الْعِلْمِ النِّسْيَانُ

“Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai penyakit, dan penyakit dari ilmu itu adalah lupa” [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 647; hasan].

Dari hadits di atas dapat kita mengerti bahwa lupa adalah suatu bencana yang seharusnya dapat di hindari oleh para penuntut atau pencari ilmu. Karena dengannya hal hal yang telah di pelajari tidak dapat di aplikasikan dalam kehidupan dengan benar. Bagaimana sebaiknya agar agar kita terhindar dari penyakit ini? Di bawah ini ada beberapa pesan tersurat dari hadits agar kita terhindar darinya ( penyakit lupa ),

Pertama, degan melakukan kebiasaan mengulang ulang pelajaran yang telah kita pelajari sebelumnya, seperti kata ‘Alqamah dalam sebuah hadits yang di Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 627; shahih.

تَذَاكَرُوا الْحَدِيثَ فَإِنَّ ذِكْرَهُ حَيَاتُهُ

“Ulang-ulanglah hadits (yang telah kalian dapat), karena dengan mengingatnya adalah kehidupan hadits tersebut”

Kedua, dengan menuliskan apa saja yang telah kita pelajari ( dalam hal ini di istilahkan dengan mengingat) sebagaimana sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam :

قيدوا العلم بالكتاب

“Ikatlah ilmu dengan tulisan” [Diriwayatkan oleh Al-Qadlaa’iy dalam Musnad Asy-Syihaab no. 637, Abu Nu’aim dalam Taariikh Ashbhaan 2/228, Ar-Ramaahurmuziy dalam Al-Muhaddits Al-Faashil hal. 368, Al-Khathiib dalam Taqyiidul-‘Ilmi hal. 70 dan dalam At-Taariikh 10/46, Ibnu ‘Abdil-Barr 1/86, dan yang lainnya; shahih lighairihi].

Ke tiga, yaitu dengan mengamalkannya. Seperti yang sebagaimana dikatakan oleh ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu :

هتف العلم بالعمل فإن أجابه وإلا ارتحل

“Memanggil ilmu itu dengan mengamalkannya. Jika dipanggil ia akan datang, dan jika tidak dipanggil ia akan pergi”.

Semoga dengan mengamalkan tiga cara tersebut, kita terhindar dari penyakit yang di sebut lupa.

***

 

*apabila ada kesalahan makna dan penyampaian, itu adalah keterbatasan pengetahuan penulis. Dan penulis sangat berterimakasih jika para pembaca memberikan kritik dan saran.

 

 

 

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*