The premier destination for your Dakwah

Miskin Itu Bukan Takdir, dan Bukan Pilihan

Mengeluhkan segala hal memang sangat sangat lumrah kita lakukan. Namun apakah hal ini justru akan merubah kehisupan kita? tidak. Mengeluh justru akan membuat kita merasa lemah dan kehilangan selera menikmati hidup. Ingat, sesuatu yang di lakukan berulang ulang dalam jangka waktu yang relatif lama akan berubah menjadi kebiasaan. oleh sebab itu, sebaiknya kita merubah kebiasaan yang tidak baik degan hal hal yang baik. Salah satunya bersyukur. Bahkan Allah sendiri berfirman Dalam Al Quran yang artinya,

Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka sendiri yang mengubahnya [ qs.13 Ar – Ro’du ]

Allah membebaskan kita untuk menentukan jalan hidup sendiri. Dalam artian menentukan nasib kita, apakah kita menghendaki menjadi kaya ataupun miskin. Kita di tuntut untuk memaksimalkan kerja otak. Kita di tuntut untuk menggunakan fasilitas ( anggota tubuh ) untuk bekerja. Tidak jarang kita beranggapan bahwa Allah tidak adil dalam hal ini. Misalnya saja teman kerja kita. duduk di posisi yang sama, dengan gaji yang sama, degan kelengkapan anggota tubuh yang sama, namun kenapa dia lebih makmur dan bahagia. Coba tanyakan lagi ke dalam hati kita, apakah kita sudah melakukan hal yang sama. Mungkin karena dia pandai mensyukuri apa yang dia miliki membuatnya lebih dari kita yang tiap saat kerjanya mengeluhkan segala hal.

Miskin itu bukan takdir, dan bukan pilihan. Miskin hanya ritme kehidupan untuk menguji ketangkasan seorang hamba dalam menjalani hidup. tapi  hal itu bukan justru embuat kita kecut untuk menafkahi diri dan keluarga. Hal itu justru akan membuat kita terdorong untuk memperbaiki hidup. tapi, bukan berarti dengan mengejar dunia justru melupakan akhiratnyakan?

Syukuri dan memaksimalkan potensi diri dalam meraih kehidupan dunia dan pastinya kehidupan yang abadi, yaitu akhirat. Sekali lagi, miskin itu bukan takdir, dan bukan pilihan.

***

1 Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*